Page 31 - Demo
P. 31
Dua minggu pertama orientasi, semuamata pelajaran yang diberikan berupa datademografi, Health Science Reasoning Test(HSRT), dan pengambilan keputusan klinisdengan Skala Keperawatan (CDMNS).Orientasi untuk kedua kelompokberlangsung 10 minggu. Peserta dalamkelompok kontrol menerima orientasistandar, dan peserta dalam kelompokeksperimen menerima orientasi standar danenam skenario HFPS. Pada akhir orientasipada minggu ke-10, HSRT dan CDMNSdiberikan kembali pada kedua kelompok.Enam skenario HFPS yang secara khususdirancang untuk meningkatkan berpikirkritis dan pengambilan keputusandigunakan oleh kelompok eksperimen.Setiap skenario diberikan pada kelompokeksperimen untuk terlibat dalamketerampilan berpikir kritismenginterpretasi, menganalisis,menyimpulkan, mengevaluasi, danmenjelaskan. Fokus dari skenario adalahpada penyediaan situasi klinis dimanapeserta bisa berlatih \a great place to learn and growKARYA TULIS ILMIAHHFPS ataupun tidak, tidak ada perubahansignifikan secara statistik dalam subskoruntuk induksi, inferensi, dan evaluasi,namun ada peningkatan signifikan secarastatistik (p = 0,041) di subskor rata-ratauntuk analisis. Pengaruh tingkatpendidikan, pengalaman sebagai perawat,usia, dan pengalaman sebelumnya denganHFPS dicek kembali untuk kemungkinanmempengaruhi efek pada skor HSRT. Hasilmenunjukkan bahwa HFPS tidak secarasignifikan meningkatkan critical thinkingataupun keterampilan membuat keputusanklinis dalam sampel ini.Sebuah penjelasan yang mungkin untuktemuan ini bahwa berpikir kritis seperti yangdidefinisikan dan diukur dalam studi inibukan sebuah tes yang tepat yangdigunakan untuk menilai efek padapengetahuan dan keterampilan klinis yangdiproduksi oleh HFPS. Hasil pengujianmenunjukkan bahwa HFPS tidakmenunjukan hasil yang signifikan dalamberpikir kritis atau keterampilan membuatkeputusan klinis.dan lebihmengembangkandan memperbaikipemikiran mereka(Facione, Facione,& Sanchez, 1994).Meskipun hasilnyatidak signifikansecara statistik,data menunjukkanbahwa denganmenggunakan -28THEGREAT - Vol. 2Nomor 2, SEPTEMBER2021