Page 34 - Demo
P. 34


                                    Hasil dari review keenam artikel tersebutternyata tidak semua penelitian menyatakanbahwa simulasi dengan HFPS memberikandampak yang signifikan terhadap peningkatanketerampilan berpikir kritis para peserta.Hanya empat penelitian yang menunjukkanhasil bahwa simulasi dengan HFPSmeningkatkan keterampilan berpikir kritis dankemampuan pengambilan keputusan klinis.Simulasi merupakan proses belajar-mengajarinteraktif yang membantu mereka untukmenghubungkan apa yang mereka pelajari dikelas dengan apa yang mereka hadapi dalamkenyataan klinis. Simulasi juga dapatmengasah keterampilan berpikir kritis melaluiumpan balik dari simulator maupun tampilanmonitor, dan mengembangkan keterampilankomunikasi melalui kerjasama tim, sertameningkatkan keterampilan delegasi dalamsituasi yang kompleks. Mereka jugamelaporkan bahwa proses refleksi sangatefektif pada saat sesi tanya jawab di akhirsimulasi. Refleksi diri dan umpan balik antararekan-rekan dan pendidik membantu untukmengembangkan keterampilan berpikir kritisdalam menganalisis dan membuat penilaiantentang apa yang terjadi selama pengalamansimulasi. Konsisten dengan penelitiansebelumnya (Howard, 2009; Ravert, 2008;Sullivan-Mann et al, 2009), penelitian inimenemukan peningkatan signifikan secarastatistik dalam skor berpikir kritis pada keduakelompok simulasi dari waktu ke waktu. Hasilpenelitian ini juga menunjukkan bahwa HFPSmungkin menjadi alat pendidikan yang efektifyang dapat meningkatkan pendidikankeperawatan dalam menghadapi tantangan -a great place to learn and growKARYA TULIS ILMIAHsaat ini dan masa depan.Namun dua dari enam penelitianmenunjukkan bahwa secara statistik tidakterdapat perbedaan yang signifikan antarakelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Meskipun hasilnya tidak signifikan, datamenunjukkan bahwa dengan ataupun tanpaHFPS, tidak ada perubahan signifikan secarastatistik dalam subskor untuk induksi,inferensi, dan evaluasi, namun adapeningkatan signifikan secara statistik (p =0,041) di subskor rata-rata untuk analisis.Pengaruh tingkat pendidikan, pengalamansebagai perawat, usia, dan pengalamansebelumnya dengan HFPS tidak berpengaruhpada skor baik dalam hal pemikiran kritismaupun keterampilan pengambilankeputusan klinis. Temuan ini tidak terduga,padahal pengalaman diyakini dapatmemberikan kesempatan yang lebih besaruntuk berlatih berpikir kritis dan keterampilanpengambilan keputusan klinis dalam situasipasien nyata dibawah bimbingan seorangperawat profesional. Sebuah penjelasan yangmungkin untuk temuan ini bahwa berpikirkritis seperti yang didefinisikan dan diukurdalam studi bukan konstruk yang tepat yangdigunakan untuk menilai efek padapengetahuan dan keterampilan klinis yangdiproduksi oleh HFPS. Hasil pengujianmenunjukkan bahwa HFPS tidakmenghasilkan keuntungan yang signifikandalam berpikir kritis atau keterampilanmembuat keputusan klinis. Namun, HFPSdapat meningkatkan pengetahuanpencapaian situasi klinis dalam kontekstertentu.31THEGREAT - Vol. 2Nomor 2, SEPTEMBER2021
                                
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38