Page 32 - Demo
P. 32
Namun HFPS dapat meningkatkanpengetahuan pencapaian situasi klinisdalam konteks tertentu. Pengalaman inidapat membantu siswa untuk lebihmenggunakan kemampuan berpikir merekamelalui penerapan pengetahuan dalamsituasi klinis yang dipilih. Pengalamansebagai perawat juga tidak berpengaruhpada skor baik dalam hal pemikiran kritismaupun keterampilan pengambilankeputusan klinis. Temuan ini tidak terduga,padahal pengalaman diyakini dapatmemberikan kesempatan yang lebih besaruntuk berlatih berpikir kritis danketerampilan pengambilan keputusan klinisdalam situasi pasien nyata dibawahbimbingan seorang perawat profesional.Meyer (2012) melakukan penelitiantentang pengaruh simulasi terintegrasipada kemampuan berpikir kritis danpenilaian klinis pada instruksi keperawatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengeksplorasi pengaruh darimenggunakan metode simulasi padapemikiran kritis dan penilaian klinismahasiswa keperawatan kelas medikalbedah. Studi ini terdiri dari 18 mahasiswayang terdaftar di tingkat akhir MedicalSurgical III. Ada dua kelompok non-acak.Kelompok eksperimen menerimaintervensi, yang merupakan kombinasi darikelas kuliah tiga jam dipasangkan dengankegiatan simulasi satu jam. Metodeterintegrasi ini dilakukan sepanjangsemester. Sedangkan kelompok kontrolhanya menerima kelas kuliah tiga jam saja.Kedua kelompok mendapat tes California .a great place to learn and growKARYA TULIS ILMIAHCritical Thinking Skills pretest and posttest.Penilaian klinis juga dievaluasi. Semuamahasiswa keperawatan dalam kelompokeksperimen melakukan simulasi skenariokasus. Empat skenario terdiri dari materiyang dibahas pada semester tersebut:Infark miokard, Respiratory Distress,Trauma, dan diabetes ketoasidosis.Skenario dilakukan di laboratorium simulasidengan High Fidelity Patient Simulator(HFPS). Selama jalannya simulasi direkammenggunakan video dari 3 arah, yangmemungkinkan untuk beberapa tayanganvideo. Mahasiswa keperawatan dievaluasimenggunakan rubrik Lasater yang telahdimodifikasi untuk masing-masing skenario.Hasil penelitian menunjukkan tidak adaperubahan yang signifikan secara statistikantara kelompok eksperimen maupunkelompok kontrol. Rekomendasinya adalahuntuk para pendidik keperawatan agardapat memanfaatkan waktu pembelajarandi dalam kelas, laboratorium simulasi, ataudi area klinis sehingga mahasiswakeperawatan dapat berlatih pengambilankeputusan yang kompleks di tempat yangaman, serta mengatur simulasimenggunakan proses keperawatan. Selainitu, mahasiswa keperawatan harusdidorong untuk memanfaatkan kesempatanbelajar yang diperoleh selama magang dirumah sakit.Olga Chernikova, Nicole Heitzmann,Matthias Stadler, Doris Holzberger, TinaSeidel, dan Frank Fischer (2020) dalampenelitian meta analisis tentang SimulationBased Learning in Higher Education -29THEGREAT - Vol. 2Nomor 2, SEPTEMBER2021