Page 35 - Demo
P. 35
Pengalaman ini dapat membantu mahasiswauntuk lebih menggunakan kemampuanberpikir mereka melalui penerapanpengetahuan dalam situasi klinis yang dipilih.Simulasi menyediakan berbagai peluangpraktik dan menawarkan salah satu carapaling efektif yang kita ketahui dalammerancang lingkungan belajar di pendidikantinggi. Pembelajaran berbasis simulasi dapatdimulai sejak awal di program studi, karenadapat berjalan dengan baik untuk pelajarpemula dan lanjutan. Meskipun analisismenunjukkan bahwa keterampilan sosial tidakterlalu meningkat, namun dalam kondisitersebut keterampilan teknis dapat sangatdifasilitasi. Efek simulasi dapat ditingkatkandengan penggunaan teknologi terkini.Penelitian yang terkait dengan pengaruhsimulation-based learning terhadap criticalthinking mahasiswa keperawatan inimemberikan gambaran kepada para pendidikmaupun pelatih keperawatan terutamamengenai proses pendidikan yang harusdilakukan untuk meningkatkan keterampilanberpikir kritis dan kemampuan pengambilankeputusan klinis mahasiswa maupun pesertapelatihan di lapangan. Melihat perbedaan darihasil penelitian ini masih terdapat peluangbahwa penelitian seperti ini bisa dilakukankembali, mengingat penelitian ini banyakdilakukan di negara maju, sedangkan diIndonesia masih jarang dilakukan.Daftar PustakaGoodstone, L., Goodstone, M. S., Cino, K., Glaser,C. A., Kupferman, K., & Dember-Neal, T. (2013).Effect of simulation on the development of criticalthinking in associate degree nursing students.a great place to learn and growKARYA TULIS ILMIAHNursing Education Perspectives, 34(3), 159-62.Retrieved fromhttp://search.proquest.com/docview/1370894882?accountid=48290.Kaddoura, M.A. (2010). New graduate nurses'perceptions of the effects of clinical simulation ontheir critical thinking, learning, and confidence. TheJournal of Continuing Education in Nursing, 41(11),506-16. doi:http://dx.doi.org/10.3928/00220124-20100701-02.Maneval, R., Fowler, K.A., Kays, J.A., Boyd, T.M.,Shuey, J., Harne-Britner, S., & Mastrine, C. (2012).The effect of high-fidelity patient simulation on thecritical thinking and clinical decision-making skills ofnew graduate nurses. The Journal of ContinuingEducation in Nursing, 43(3), 125-134.doi:http://dx.doi.org/10.3928/00220124-20111101-02.Melenovich, P. G. (2012). Critical thinking: Theimpact of additional human patient simulationexperiences (3499689). Available from ProQuestNursing & Allied Health Source. (945728187).Retrieved fromhttp://search.proquest.com/docview/945728187?accountid=48290.Meyer, R. A. (2012). Assessment of the impact ofintegrated simulation on critical thinking and clinicaljudgment in nursing instruction (3554006). Availablefrom ProQuest Nursing & Allied Health Source.(1315240002). Retrieved fromhttp://search.proquest.com/docview/1315240002?accountid=48290.Olga Chernikova, Nicole Heitzmann, MatthiasStadler, Doris Holzberger, Tina Seidel, dan FrankFischer (2020). Simulation-Based Learning in higherEducation: A Meta-Analysis. Available from Reviewof Educational Research August 2020, Vol. 90, No.4, pp. 499%u2013541DOI:https://doi.org/10.3102/0034654320933544.32THEGREAT - Vol. 2Nomor 2, SEPTEMBER2021