Page 52 - Demo
P. 52


                                    50 The Great Vol. 6 /No.2/2024memberikan pelayanan. Hasil analisis deskriptif dapat dilihat pada tabel dibawah ini :Tabel 1 Hasil Analisis DeskriptifPertanyaan TidakPernahKadangkadang Sering SelaluMenanyakan pendapat pelanggan terkaitpelayanan yang diberikan. 0% 3% 47% 49%Menindaklanjuti masukan pelanggan. 0% 1% 42% 57%Berbicara dengan sopan, ramah, dan senyum ketika berkomunikasi dengan rekan, atasan dan klien. 0% 0% 19% 81%Memberi pelayanan secara cepat dan tepat. 0% 1% 21% 78%Memberi saran sesuai permasalahan dandapat dilakukan oleh pelanggan. 0% 1% 28% 71%Melakukan evaluasi terhadap pekerjaanyang sudah dilakukan. 0% 1% 31% 68%Memperbaiki yang masih kurang atau salah pada pekerjaan yang dilakukan. 0% 2% 27% 71%Selalu bersemangat meningkatkanpengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memberikan pelayanan. 0% 0% 20% 80%Selalu berupaya memberikan pelayananterbaik (melebihi harapan pelanggan). 0% 1% 25% 73%Semangat memberikan layanan publik yang berbeda dari sebelumnya (lebih mudah diakses, sederhana, murah). 0% 1% 27% 72%Menawarkan berbagi tugas/peran untukmenyelesaikan pekerjaan. 1% 3% 33% 63%Mampu memberikan pelayanan publik yang profesional (sesuai kompetensi) danberkualitas (efektif dan efisien). 0% 0% 18% 82%Mampu bersikap netral dalam memberikan pelayanan tanpa membedakan suku/agama/ras. 0% 0% 18% 82%Mampu berperan sebagai pelayan publik di instansi anda, yang menerapkan kerjasama lintas program dan lintas sektor guna mencapai tujuan bersama sebagai respon terpadu terhadap issue tertentu.0% 1% 30% 69%Mampu menjalankan tugas sebagai pelayanan publik secara profesional tanpa dipengaruhi (terbebas) intervensi partai politik atau golongan 0% 0% 22% 78%Hasil kegiatan aktualisasi dijadikan bagian dalam pelayanan rutin unit kerja. 0% 7% 36% 56%Dari tabel diatas, terlihat bahwa mayoritas responden (49%) selalu menanyakan pendapat pelanggan terkait pelayanan yang diberikan, dengan 47% sering melakukannya. Sebanyak 57% responden selalu menindaklanjuti masukan pelanggan, dan 42% sering melakukannya, menunjukkan komitmen yang kuat terhadap umpan balik pelanggan. Dalam hal komunikasi, 81% responden selalu 
                                
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56