Page 55 - Demo
P. 55
The Great Vol. 6 /No.2/2024 53berorientasi pelayanan, persepsi mentor dan rekan kerja sebaya terhadap kinerja alumni, serta faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi nilai-nilai BerAKHLAK, terutama nilai Berorientasi Pelayanan, dalam pendidikan LATSAR CPNS di RSUP DR M Djamil Padang tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data dari alumni LATSAR CPNS, mentor, dan rekan kerja mereka di RSUP DR M Djamil Kota Padang. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK, khususnya yang terkait dengan berorientasi pelayanan, telah cukup baik diinternalisasi oleh para alumni LATSAR CPNS. Mayoritas responden menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelayanan publik yang berkualitas, namun masih terdapat beberapa area yang memerlukan perhatian lebih lanjut, seperti konsistensi dalam bersikap ramah dan pemahaman terhadap kebutuhan masyarakat.Diskusi hasil penelitian menyoroti temuan-temuan tersebut dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan internalisasi nilai-nilai berorientasi pelayanan di antara para alumni LATSAR CPNS. Rekomendasirekomendasi tersebut mencakup pelatihan dan pengembangan lanjutan, monitoring dan umpan balik, pembentukan budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, serta pengembangan program mentoring. Dengan demikian, kesimpulannya adalah bahwa penelitian ini memberikan kontribusi yang penting dalam memahami implementasi nilainilai berorientasi pelayanan dalam pendidikan dan pembentukan karakter calon pegawai negeri sipil di Indonesia, serta memberikan arahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh para pegawai negeri sipil.DAFTAR PUSTAKA[1] Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2023). Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS.[2] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.[3] Dwi Rahmanendra. (2022). Rangkuman 7 Modul Agenda II (BerAKHLAK).