Page 54 - Demo
P. 54


                                    52 The Great Vol. 6 /No.2/2024cekatan, rata-rata yang diperoleh adalah 3.77, menunjukkan bahwa responden secara konsisten menunjukkan sikap yang ramah dan responsif dalam pelayanan mereka.Ini mencerminkan budaya keramahan yang kuat di antara para alumni LATSAR CPNS. Sementara itu, untuk aspek melakukan perbaikan tiada henti, rata-rata yang diperoleh adalah 3.65, menunjukkan bahwa responden cenderung aktif dalam melakukan perbaikan dan peningkatan dalam tugas-tugas mereka. Secara keseluruhan, hasil analisis menunjukkan bahwa nilai- nilai berorientasi pelayanan telah cukup baik diinternalisasi oleh para alumni LATSAR CPNS, namun masih ada potensi untuk meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan masyarakat serta konsistensi dalam melakukan perbaikan yang berkelanjutan.PEMBAHASANBerdasarkan hasil analisis deskriptif dan analisis spesifik nilai berorientasi pelayanan, terdapat beberapa temuan yang dapat dijadikan bahan diskusi. Secara keseluruhan, para alumni LATSAR CPNS di RSUP DR M Djamil telah menunjukkan tingkat internalisasi nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK dengan baik, khususnya dalam aspek berorientasi pelayanan. Mayoritas responden menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelayanan publik yang berkualitas, tercermin dari tingginya persentase responden yang selalu berbicara dengan sopan, ramah, dan senyum saat berkomunikasi, serta memberikan pelayanan secara cepat dan tepat. Namun, terdapat beberapa area yang memerlukan perhatian lebih lanjut. Meskipun mayoritas responden menunjukkan sikap yang ramah dan cekatan, ada sebagian kecil yang hanya kadang-kadang menunjukkan sikap tersebut. Hal ini menunjukkan adanya potensi untuk meningkatkan konsistensi dalam bersikap ramah dan responsif dalam memberikan pelayanan. Selain itu, tingkat pemahaman terhadap kebutuhan masyarakat juga dapat ditingkatkan, mengingat masih terdapat ruang untuk peningkatan dalam aspek ini. Diskusi juga dapat meliputi strategi untuk meningkatkan pemahaman dan konsistensi dalam menerapkan nilai-nilai berorientasi pelayanan.Pelatihan lanjutan, pengembangan program mentoring, atau pembentukan budaya kerja yang lebih inklusif dan berorientasi pada pelayanan bisa menjadi langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki area yang masih perlu diperbaiki. Selain itu, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa perbaikan yang dilakukan memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh para alumni LATSAR CPNS.KESIMPULANPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi internalisasi nilai berorientasi pelayanan oleh alumni LATSAR CPNS 2023 yang bertugas di RSUP DR M Djamil Kota Padang. Penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa LATSAR CPNS merupakan tahap fundamental dalam membentuk karakter dan kompetensi calon pegawai negeri sipil di Indonesia.Rumusan masalah penelitian mencakup pertanyaan mengenai tingkat internalisasi nilai Mayoritas responden menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelayanan publik yang berkualitas.
                                
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58