Page 37 - Demo
P. 37


                                     The Great Vol. 4 /No. 1/2023 35terdapat korelasi yang cukup signifikan antara pendidikan dengan usability test. Semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi nilai score SUS nya. Tingginya tingkat pendidikan dapat menjadi nilai tambah dari peserta pelatihan. Tingkat pendidikan juga dapat berpengaruh pada gaya belajar, pola pikir dan kemampuan/ketrampilan lainnya, termasuk kemampuan mengikuti teknologi digital.b. Jenis kelaminHasil evaluasi jenis kelamin responden, tergambar dalam tabel 3 berikut ini :Tabel.4.2 Jenis kelamin respondenJenis kelamin Jumlah RespondenProsentase (%)Laki-laki 30 30Perempuan 69 70Total 99 100Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan sebanyak 69 (70%) dan laki-laki sebanyak 30 (30%). Hasil evaluasi jabatan responden, tergambar dalam tabel 4 berikut ini :Tabel.4.3 Jabatan respondenJabatan Jumlah RespondenProsentase (%)Bidan 20 20Dokter&dokter gigi 14 14Perawat 22 22Petugas laboratorium 3 3Epidemiologi 5 5Nutrisionis 6 6Tenaga Sanitasi Lingkungan 5 5Perekan medis 2 2Farmasi 4 4Staf lainnya(non kesehatan) 18 18Total 99 1001.2 Nilai kebergunaan setiap instrumentSetelah dilakukan pengolahan data mentah maka dapat diketahui hasil rekapitulasi skala jawaban yang diberikan responden dalam evaluasi kebergunaan dengan SUS seperti yang diperlihatkan pada Tabel 4.4Tabel 4.4 Rekapitulasi jawaban respondenPernyataanSkala Jawaban Responden RespondenRerata1 2 3 4 5P1 1 2 6 64 26 99 4,1P2 5 25 26 40 3 99 3,1P3 1 1 9 59 29 99 4,2P4 5 42 18 33 1 99 2,8P5 1 1 7 65 25 99 4,1P6 9 56 23 8 3 99 2,4P7 2 3 17 65 12 99 3,8P8 11 64 11 11 2 99 2,3P9 2 2 11 70 14 99 3,9P10 6 21 30 38 4 99 3,1Sesuai dengan data jawaban responden yang diperlihatkan pada Tabel 4.4, dilakukan penghitungan sesuai ketentuan SUS pada poin 1 dan poin 2. Maka, didapat hasil rekapitulasi data jawaban responden seperti yang diperlihatkan pada Tabel 5. Data jawaban responden yang diperlihatkan pada Tabel 4.4 merupakan data rekapitulasi jawaban yang telah dilakukan penghitungan dengan menggunakan ketentuan SUS. Untuk itu, dapat dijelaskan pandangan responden terhadap LMS %u201cThe Great%u201d Bapelkes Batam berdasarkan masing-masing instrumen. a. Saya pikir bahwa saya akan/ingin lebih sering menggunakan aplikasi ini Pernyataan pertama ini berkaitan dengan keinginan responden untuk menggunakan aplikasi secara rutin. Hasil evaluasi pada instrument ini dapat dilihat pada gambar 4.2.
                                
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41