Page 36 - Demo
P. 36


                                    34 The Great Vol. 4 /No. 1/2023grade scale dan adjective seperti yang diperlihatkan pada gambar 3. Gambar 6. Penentuan hasil evaluasi dengan SUS (Tullis dan Stetson, 2004)Acceptability adalah aspek yang menentukan penerimaan aplikasi dengan tingkat acceptability yang terdiri dari 1) not acceptable, 2) marginal (low and high), dan 3) acceptable. Grade scale merupakan aspek yang menentukan tingkat kualitas aplikasi yang terdiri dari grade scale A,B,C,D dan E. Adjective rating menentukan aspek yang menentukan rating kebergunaan aplikasi. Adjective rating terdiri atas beberapa tingkat yaitu 1) worst imaginable, 2) poor, 3) Ok, 4) good 5) excellent dan 6) best imaginable (Sauro, 2011). Penentuan hasil evaluasi dilakukan dengan dasar hasil rekapitulasi nilai berupa nilai kumulatif rerata jawaban, bukan nilai masing-masing pernyataan instrumen. Pengambilan kesimpulan juga dapat dilakukan dengan menggunakan grade scale dari SUS Score dengan ketentuan sebagai berikut :1. Grade A : %u2265 80,32. Grade B : < 80,3 sampai dengan %u2265 743. Grade C : < 74,3 sampai dengan %u2265 684. Grade D : < 68 sampai dengan %u2265 515. Grade E : < 513. Hasil dan pembahasanPengambilan data primer dilakukan dengan cara membagikan instrumen evaluasi melalui link berikut : https://bit.ly/UsabilityTheGreat kepada alumni peserta pelatihan yang telah menggunakan LMS %u201cThe Great%u201d. Hasil dari pengumpulan data dapat digambarkan sebagai berikut :1.1 Karakteristik RespondenKarakteristik responden merupakan elemen yang penting dari evaluasi. Karakteristik responden yang menjadi atribut adalah tingkat pendidikan, jenis kelamin, jabatan dan pelatihan yang diikuti. Karakteristik responden usability LMS %u201cThe Great%u201d adalah sebagai berikut :a. Tingkat pendidikanHasil evaluasi tingkat pendidikan responden, tergambar dalam tabel 2 berikut ini :Tabel.4.1 Tingkat pendidikan respondenPendidikan Jumlah RespondenProsentase (%)Diploma 1 1 1Diploma 3 dan 4 49 50Strata 1 39 39Strata 2 10 10Total 99 100Terdapat korelasi antara tingkat pendidikan dengan nilai SUS Score, bisa dilihat pada gambar 4.1 dibawah ini :Tabel.4.1 Tingkat pendidikan respondenPendidikan Jumlah Responden Prosentase (%)Diploma 1 1 1Diploma 3 dan 4 49 50Strata 1 39 39Strata 2 10 10Total 99 100Terdapat korelasi antara tingkat pendidikan dengan nilai SUS Score, bisa digambar 4.1 dibawah ini :Gambar 4.1 Nilai SUS score berdasarkan pendidikanBerdasarkan gambar diatas dapat diketahui bahwa pendidikan D1 total score aSUS scorenya 77,5. Pendidikan D3&D4 total score adalah 33,67, SUS scorenPendidikan S1 total score adalah 34,43, SUS scorenya 86,08. Pendidikan S2 tadalah 33,4, SUS scorenya 83,5. Jadi, terdapat korelasi yang cukup signifikpendidikan dengan usability test. Semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi nilainya. Tingginya tingkat pendidikan dapat menjadi nilai tambah dari peserta Tingkat pendidikan juga dapat berpengaruh pada gaya belajar, pola kemampuan/ketrampilan lainnya, termasuk kemampuan mengikuti teknologi dbJeniskelamin0100Total Score SUS Score3177,533,6784,1834,4386,0833,483,5Nilai SUS Score berdasarkan pendidikanD1 D3/4 S1 S2Gambar 4.1 Nilai SUS score berdasarkan pendidikanBerdasarkan gambar diatas dapat diketahui bahwa pendidikan D1 total score adalah 31, SUS scorenya 77,5. Pendidikan D3&D4 total score adalah 33,67, SUS scorenya 84,18. Pendidikan S1 total score adalah 34,43, SUS scorenya 86,08. Pendidikan S2 total score adalah 33,4, SUS scorenya 83,5. Jadi, 
                                
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40