Page 41 - Demo
P. 41
dengan kurikulum pelatihanPembekalan Penugasan KhususTenaga Kesehatan Individual diPuskesmas Tahun 2019. Metode yang digunakanPengendali Pelatihan denganmelakukan monitor langsung didalam kelas baik saat persiapanmaupun saat pelaksanaannamun ada juga yangberkoordinasi dengan manajerdiklat pelatihan sepertipernyataan berikut.%u201cya tentu kadang-kadangberkoordinasi dengan manajerdiklat (R1)%u201d.%u201cya biasanya membuka kelassebelum materi, kemudianmengontrol waktu dan fasilitatorapakah materi sesuai atau tidakdengan GBPP (R2)%u201d.3. SaranaSaat melaksanakan tugasnyaseorang Pengendali Pelatihanterlebih dahulu mengeceksarana yang akan digunakannantinya di dalam kelas mulaidari LCD, komputer/laptop,soundsystem dan alat bantulainnya yang sudah disediakan ditiap-tiap kelas dibantu oleh timkelas yang ada di BapelkesBatam sesuai denganpernyataan berikut ini.%u201cpelajaran belum dimulai, 07.30masuk sudah mengecek semuayang ada di kelas danmenghubungi tim kelas supayananti proses belajar tidakterkendala(R3)%u201d.Namun ada juga yang menyatakan kadang-kadangmelakukan pengecekan karena menganggap tim kelassudah mempersiapkan semuanya di dalam kelasseperti pernyataan berikut ini:%u201ckadang-kadang saya cek karena sudah ada tim kelasjuga(R4)%u201d.Untuk kesiapan penyelenggara Pengendali Pelatihanjuga memonitor penyediaan training kit, name tag,form-form evaluasi dan form biodata fasilitator sepertipernyataan berikut ini:%u201c ya saya tetap monitor dan mengecek peralatan yangdigunakan peserta nantinya dan fasilitator misalnyasaja name tag, training kit sama form-form (R5)%u201d.a great place to learn and growKARYA TULIS ILMIAHa. Mengendalikan proses pembelajaran dankatalisator.Informan yang diwawancarai menyatakanbahwa sudah mengetahui peran PengendaliPelatihan saat pelaksanaan pelatihanPembekalan Penugasan Khusus TenagaKesehatan Individual di Puskesmas Tahun 2019.Peran tersebut antara lain mengendalikan prosespembelajaran, sebagai penghubung dan mencatatproses pembelajaran seperti pernyataan berikutini.%u201cberperan sebagai jembatan antara peserta danfasilitator dan dengan panitia sehingga prosespembelajaran dalam kelas berjalan lancar (R3)%u201d.%u201csaya berperan sebagai penghubung antarapeserta dengan fasilitator, peserta dengan panitiamelalui tatap muka langsung, diskusi dan wag(R4)%u201d.Salah satu cara yang digunakan sebagaipenghubung antara peserta, pelatih danpenyelenggara yaitu dengan menggunakan wagdan pemberian informasi dilakukan lewatPengendali Pelatihan seperti pernyataan berikutini.%u201c apabila ada pengumuman lewat pengendalipelatihan, menghubungi pengendali pelatihan -384 Peran Pengendali Pelatihan Saat PelaksanaanPelatihan. THEGREAT - Vol. 2Nomor 2, SEPTEMBER2021