Kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia ke 14 Tahun 2023 di Malang

Dalam rangka mendorong pengembangan layanan perpustakaan digital di Indonesia, maka Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI) bekerjasama dengan Perpusnas RI melaksanakan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia yang ke 14. Dengan mengangkat tema “ Menggalang preservasi digital pengetahuan local Indonesia (budaya, pengetahuan dan pembelajaran). Dalam kegiatan ini dilaksanakan diskusi terkait pengembangan perpustakaan hingga membangun repository perpustakaan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 12 Agustus 2023 di Hotel Atria Malang. Pertemuan dihadiri seluruh pustakawan, pemerhati, dan dosen perpustakaan seluruh Indonesia. Kegiatan diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Peprustakaan Nasional RI. Selanjutnya, Keynote speech dari Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.Si menyampaikan bahwa perpustakaan saat ini harus berbasis digital dan otomasi. Konten local yang dimiliki harus disimpan, dikelola, dipromosikan, dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Peprustakaan berbasis inklusi social harus digerakkan agar masyarakat yang tinggal sekitar peprustakaan mendapatkan manfaat positif dari keberadaan peprustakaan tersebut.

Kegiatan selanjutnya presentasi call for paper dengan tema yang sudah dipilih oleh panitia. Sebanyak 20 presenter tampil dengan inovasi yang berbeda dengan tema menggalang masa depan melalui preservasi digital pengetahuan local Indonesia.