ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PADA PESERTA PELATIHAN TIM PENILAI JABATAN FUNGSIONAL KESEHATAN (TPJFK) DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) DI BAPELKES BATAM TAHUN 2022

Detail Cantuman

Text

ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PADA PESERTA PELATIHAN TIM PENILAI JABATAN FUNGSIONAL KESEHATAN (TPJFK) DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) DI BAPELKES BATAM TAHUN 2022

XML

Penelitian ini ditujukan untuk
mengevaluasi pembelajaran peserta dengan
penerapan metode penyelenggaran
pelatihan secara Distance Learing. Dalam
mengananlisis, penulis melakukan analisis
terhadap Evalausi Pembelajaran dengan
menggunakan SPSS 25. Penelitian dilakukan
berupa pendekatan Deskriptif Analitik.
Responden penelitian adalah Peserta
Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional
Kesehatan ( TPJFK ) angkatan 2 dan
angkatan 3 Tahun 2022 dengan jumlah
peserta angkatan 2 sebanyak 30 orang dan
angkatan 3 sebanyak 30 orang. Total Jumlah
populasi 60 orang. Seluruh populasi dijadikan
sampel. Instrumen penelitian adalah Hasil
Evaluasi pre test dan post test yang diunggah dalam google formulir di LMS Bapelkes
Batam.
Analisa data menggunakan statistik deskriptif
dalam menganalisa data mengguanakan
SPSS 25. Hasil penelitian didapatkan hubungan yang bermakna antara evaluasi belajar
peserta dengan penerapan metode pembelajaran distance learning ( α 95 % = Sig - 0.01 ),
ditinjau dari hasil pre test dan postest baik
pada angkatan 2, sementara pada angkatan
3, tak ada perbedaan yang bermakna antara
pre dan pos test, hal ini relevan dengan
tujuan pelatihan bahwa salah satu tujuan
diadakan pelatihan adalah untuk
meningkatkan pengetahuan, keterampilan
dan sikap peserta. Untuk nilai pre test
merupakan gambaran tentang sampai dimana
peserta memahami terkait materi yang akan di
sampaikan, sedangkan post test berfungsi
untuk melihat sejauh mana peserta
memahami dan kompetensi apa yang sudah
didapatkan. Sehingga dari postest terlihat
apakah tujuan tercapai atau tidak. Untuk
hubungan pembelajaran jarak jauh ( PJJ )
distance learning ada pengaruhnya pada evalausi belajar peserta baik pada peserta angkatan 2 maupun angkatan 3 . hal ini menunjukkan bahwa perlu peningkatan sarana prasarana serta dukungan peserta melalui komponen
proses yang bisa
menunjukkan keberhasil evaluasi belajar
peserta lebih meningkat lagi .


Detail Information

Item Type
Karya Tulis Ilmiah
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Bapelkes Batam : Batam.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail