Text
Dampak ASN CorpU Terhadap Pengembangan Kurikulum
XMLberkelanjutan (continuous
improvement).
Menurut PP No 17 tahun 2020
Perubahan Atas Peraturan
Pemerintah Nomor 11 Tahun
2017 Tentang Manajemen
P e g a w a i N e g e r i S i p i l ,
pengembangan kompetensi
merupakan upaya untuk
p e m e n u h a n k e b u t u h a n
kompetensi PNS dengan
standar kompetensi Jabatan
dan rencana pengembangan
k a r i e r. P e n g e m b a n g a n
kompetensi dilaksanakan
melalui pendekatan sistem
pembelajaran terintegrasi
( C o r p o r a t e U n i v e r s i t y ).
Penyelenggaraan pengembangan kompetensi dengan
cara menetapkan kebutuhan
dan rencana pengembangan
kompetensi; melaksanakan
pengembangan kompetensi
dan melaksanakan evaluasi
pengembangan kompetensi.
Dengan adanya peraturan ini
menuntut lembaga diklat
sebagai sistem diklat aparatur
secara keseluruhan memiliki
kemampuan untuk mengembangkan kurikulum yang
berbasis pada kebutuhan
peserta diklat. Kemampuan
mengembangkan kurikulum
yang baik sama pentingnya
dengan kemampuan mengidentifikasi kebutuhan dan
memfasilitasi proses pembelajaran peserta diklat untuk
m e n c a p a i k o m p e t e n s i
pelatihan.
Berdasarkan latar belakang
tersebut tulisan ini mencoba
S
istem Pendidikan dan
Pe l a t i h a n Ap a r a t u r
merupakan sebuah
s i s t e m y a n g m e n g e l o l a
bagaimana suatu pendidikan
dan pelatihan (Diklat) aparatur
dapat diselenggarakan secara
efektif dan efisien. Sistem ini
merupakan sebuah pendekatan yang mementingkan
terjadinya suatu proses
p e n g e m b a n g a n y a n g
berkelanjutan dan senantiasa
memperbarui dirinya sesuai
dengan perkembangan dan
kebutuhan peserta Diklat dan
perkembangan teknologi serta
peraturan perundangan yang
berlaku. Penyelenggaraan
Diklat Aparatur menekankan
p e n t i n g n y a m e l a k u k a n
pendekatan secara sistem
sehingga kualitas diklat dapat
terus menerus ditingkatkan.
Pengembangan kurikulum
(designing the program) adalah
bagian integral yang tak
terpisahkan dari sebuah sistem
di k lat yang ber kual itas .
Pengembangan kurikulum
d a l a m s u a t u s i s t e m
p e n y e l e n g g a r a a n d i k l a t
dilakukan setelah hasil analisis
k e b u t u h a n d i k l a t d a n
pengembangan tujuan diklat.
Oleh karena itu setelah
terlaksana pengembangan
kurikulum suatu pelatihan
barulah dapat di lakukan
penyusunan mata diklat dan
rencana pembelajarannya oleh
widyaiswara. Kemudian diikuti
d e n g a n p e n e r a p a n d a n
evaluasi kurikulum dan mata
diklat untuk selanjutnya dapat
d i l a k u k a n p e r b a i k a n
membahas dampak ASN
Corporate University Terhadap
Pengembangan Kurikulum
pelatihan.
METODOLOGI
Metode yang digunakan dalam
penyusunan tulisan ini adalah
studi kepustakaan. Studi
p u s t a k a a d a l a h s u a t u
p e m b a h a s a n y a n g
berdasarkan pada referensi
y a n g b e r t u j u a n u n t u k
m e m p e r k u a t m a t e r i
pembahasan maupun sebagai
dasar untuk menggunakan
rumus-rumus tertentu dalam
menganalisa dan mendesain
suatu struktur. Studi pustaka
digunakan untuk memecahkan
masalah yang ada, baik untuk
menganalisa faktor - faktor dan
data pendukung maupun untuk
merencanakan konstruksi,
maka pada bagian ini diuraikan
secara global pemaknaan yang
ada untuk memecahkan
masalah
Detail Information
Item Type |
Karya Tulis Ilmiah
|
---|---|
Penulis |
Maria Magdalena, S.ST, M.Keb - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Bapelkes Batam : Batam., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |