Pengaruh Simulation - Based Learning terhadap Critical Thinking Mahasiswa Keperawatan

Detail Cantuman

Text

Pengaruh Simulation - Based Learning terhadap Critical Thinking Mahasiswa Keperawatan

XML

Tantangan dunia keperawatan
abad ke-21 menuntut pendidik
keperawatan agar dapat
mempersiapkan perawat masa
depan yang dapat beradaptasi
dengan perubahan sistem
pelayanan kesehatan, adanya
teknologi baru, perubahan sistem
informasi (terkomputerisasi),
perubahan terapi farmakologis,
peningkatan beban kerja perawat,
peningkatan penyakit infeksi di
masyarakat, peningkatan kasus
infeksi yang resisten antibiotik,
peningkatan populasi usia lanjut,
dan meningkatnya jumlah kondisi
kronis dan co-morbid (Aiken,
Clarke, Cheung, Sloane, & Silber,
2003). Para pendidik perawat
bertanggung jawab untuk
mempersiapkan lulusan yang dapat
beradaptasi dengan perubahan
sistem kesehatan yang begitu cepat
a great place to learn and grow
KARYA TULIS ILMIAH
Oleh :
Agung Ruhdiyat, S.Kep., M.Kep
Widyaiswara Ahli-Muda
PENGARUH
SIMULATION-BASED
LEARNING TERHADAP
CRITICALTHINKING
MAHASISWA
KEPERAWATAN
ini. Strategi pembelajaran simulasi diusulkan
sebagai metode yang cocok untuk mengatasi
masalah ini dan dapat menjembatani kesenjangan
antara pendidikan dan praktik klinis di rumah sakit.
Penelusuran literatur ini bertujuan untuk
menganalisa hasil penelitian terkait yang berfokus
pada pengaruh Simulation-Based Learning
terhadap critical thinking mahasiswa keperawatan.
Penelaahan ini dilakukan dengan metode
review dari hasil penelitian tahun 2010 – 2020 yang
telah dipublikasi dalam media elektronik seperti
ProQuest, Pubmed, dan CINAHL. Jumlah jurnal
yang diperoleh sebanyak 10 jurnal dan 6
diantaranya memenuhi kriteria. Hasil penelitian
yang diperoleh bahwa simulasi sebagai proses
belajar-mengajar interaktif, belajar pengetahuan
tentang perawatan kritis dari simulasi situasi
pasien nyata, belajar keterampilan klinis dan
menghadirkan perawatan pasien secara holistik
dengan bermain peran, dan menjembatani
kesenjangan teori-praktik untuk meningkatkan cara
berpikir kritis. Selain itu, simulasi juga dapat
mengasah keterampilan berpikir kritis melalui
umpan balik dari simulator maupun tampilan -
22
T
H
E
G
R
E
A
T - V
ol. 2
N
o
m
or 2, S
E
P
T
E
M
B
E
R
2
0
2
1
a great place to learn and grow
KARYA TULIS ILMIAH
monitor, dan mengembangkan
keterampilan komunikasi melalui
kerjasama tim, serta meningkatkan
keterampilan pendelegasian tugas
dalam situasi yang kompleks.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis Ilmiah
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Bapelkes Batam : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail