PELATIHAN DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM DAN KANKER PAYUDARA

PELATIHAN DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM DAN KANKER PAYUDARA

Enam Puskesmas yang ada dikota Batam tampak ramai pada tanggal 19 Mei 2022 hal ini dikarenakan peserta “Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara Bagi Dokter dan Bidan di FKTP“ yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Kesehatan Batam  melaksanakan praktek kerja lapangan dari materi yang didapat selama pelatihan secara metode blended. Pelatihan ini bertujuan untuk mencegah meningkatnya penderita kanker rahim dan payudara, mengetahui lebih dini pasien yang terdeteksi kanker leher rahim dan payudara agar dapat segera mendapatkan penanganan pengobatan yang tepat.

Seluruh peserta sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini, terlihat pada saat mereka mempraktekkan ilmu yang  didapatkan selama 5 hari daring dan 3 hari luring. Sebelum peserta terjun praktek ke lapangan, terlebih dahulu melaksanakan praktek di BAPELKES BATAM (dry workshop) pada praktek ini terdapat 7 (tujuh) meja terdiri dari pembuatan larutan asam asetat dan lidi kapas, pemeriksaan IVA, CD IVA Interactive, IVA-DoIVA (dan TeleDoIVA), krioterapi, konseling dan pemeriksaan payudara oleh tenaga klinis (SADANIS). Keesokan harinya peserta mengikuti praktek lapangan di 6 (enam) puskesmas di kota Batam yang sudah ditunjuk dengan syarat mempunyai alat IVA kit dan Krioterapi. Dan kemudian pada hari terakhir praktek peserta melaksanakan praktek lapangan untuk tindakan krioterapi yang dipusatkan di 2 (dua) puskesmas yang memiliki alat krioterapi yaitu puskesmas sungai panas dan puskesmas batu aji. Tindakan krioterapi dilakukan pada pasien yang terjaring di hari sebelumnya dengan hasil pemeriksaan IVA positif dan telah mendapat persetujuan untuk dilakukan tindakan.

Ibu sachimala yang bertugas sebagai MOT pada angkatan 2 mengatakan bahwa “Kegiatan pelatihan sangat padat, namun tidak menurunkan semangat para peserta untuk belajar“. (lst)


Leave a Reply