PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL DI PUSKESMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 PERIODE 1 TAHUN 2022

PELATIHAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL DI PUSKESMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 PERIODE 1 TAHUN 2022

Category : Berita

15 Februari 2022

Bulan Februari 2022 Bapelkes Batam melaksanakan Pelatihan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19 Periode 1 sebanyak 5 angkatan dengan total jumlah peserta adalah 173 orang. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode distance learning selama 11 hari efektif dari tanggal 14 Februari 2021 sampai dengan 26 Februari 2022 dengan jumlah jam pembelajaran sebanyak 77 JPL. Dikarenakan situasi dan kondisi sekarang yaitu pandemi covid-19 maka seluruh peserta mengikuti proses pembelajaran dari tempat tinggal masing-masing demikian juga para fasilitator yang menyampaikan materi pembelajarannya dari tempat tinggal dan instansi masing-masing.

Dedi Supriadi, SAP, MMKepala Bapelkes Batam

Peserta akan ditempatkan di 9 provinsi wilayah penempatan, Aceh, Lampung, Riau, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Seluruh peserta merupakan tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai Dokter gigi, Dokter Umum, Perawat, Bidan, Ahli teknologi laboratorium medic, Tenaga gizi, Tenaga kesehatan lingkungan dan Tenaga Kefarmasian. Seluruh tenaga kesehatan telah lulus seleksi oleh Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDMK Kemenkes RI sebagai Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Individual di Puskesmas.

Para Peserta Pelatihan

“Setelah mengikuti pembekalan, peserta mampu melaksanakan pelayanan   kesehatan di puskesmas sesuai dengan kompetensi dan kewenangan yang dimiliki  dengan menjunjung etika profesi pada masa pandemi COVID-19” ucap Dewi Pangastuti, SKM dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan pada acara pembukaan pada tanggal 15 Februari 2022 Pukul 10.00 wib secara daring.

Dewi Pangastuti, SKMPIC Pelatihan

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam Mendukung Program Nusantara Sehat merupakan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan dalam kurun waktu tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK). (el)


Leave a Reply